Perkembangan Indera Penglihatan si Kecil

Mata adalah jendela untuk melihat dunia. Untuk dapat melihat sempurna, bayi anda harus melewati beberapa tahapan perkembangan indera penglihatannya. Sebagai orangtua merupakan tugas anda untuk memperhatikan perkembangan indera penglihatan mereka agar anda bisa cepat tanggap jika terjadi kelainan atau keterlambatan perkembangan indera penglihatannya.

mata bayi

Berikut beberapa tahapan perkembangan indera penglihatan yang dilalui bayi anda.

Saat lahir
Ketika baru dilahirkan pupil mata bayi anda akan menyesuaikan dengan cahaya yang menghampirinya. Pada tahap awal ini, jarak pandangnya hanya sekitar 20-25 cm. Kedua matanya juga belum mampu terfokus secara bersamaan. Jika melihat suatu objek, bayi anda akan mengikuti kemana objek yang dilihatnya tersebut bergerak.

Satu bulan
Di usia satu bulan bayi sudah mulai mengenali wajahnya.

Dua bulan
Di usia ini mata bayi anda sudah bisa terfokus secara bersamaan. Ia bisa melihat ujung dan sudut benda-benda.

Tiga bulan
usia tiga bulan bayi anda sudah bisa melihat jarak jauh.

Empat bulan
Memasuki usia empat bulan, bayi anda sudah bisa mengenali benda-benda dan kerabat dekat. Ia juga sudah bisa melihat tangannya.

Enam bulan
Di usia enam bulan koordinasi mata dan tangan bayi anda sudah baik, ia sudah bisa menepuk bayangannya di cermin. Ia mulai mengerti bahwa sebuah benda itu sama dilihat dari segala sudut. Ia juga sudah mulai mencari benda yang dijatuhkannya, bukan hanya sesuatu yang bisa dilihatnya.

Tujuh bulan
Bayi anda mulai bisa memperhatikan benda-benda kecil saat memasuki usia tujuh bulan.

Delapan bulan
Di usia delapan bulan, bayi anda sudah bisa memperkirakan kedalaman suatu benda atau ruang.

Sebelas bulan
Memasuki usia sebelas bulan, bayi anda mulai dapat melihat benda-benda yang bergerak cepat.

Dua belas bulan
Saat usia bayi anda memasuki dua belas bulan atau satu tahun adalah saat dimana ia sudah bisa melihat sebaik anda. Ia juga sudah bisa mencari sesuatu yang baru saja dilihatnya. {kaskus.us/showthread.php?t=9702888}