Ini Dia Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Siapa bilang seniman Indonesia jarang yang mendunia. Buktinya, I Wayan Tuges berhasil membuat Gitar ukiran asal Bali ini mendunia. Itu hanya sebagian dari salah satu seniman asal Indonesia yang berhasil memikat mata orang asing.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Pemahat asal Sukawati, Gianyar, Bali, ini berhasil membuat kerajinan tangannya dilirik oleh bangsa Internasional. Sejak tahun 2005 ia mulai merintis membuat gitar ukiran yang menjadi ciri khasnya selama ini.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Beragam gitar sudah ia kerjakan mulai dari gitar kopong, ukulele, gitar listrik hingga gitar jumbo.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Kini pak Tuges juga sedang mengerjakan gitar jumbo pesanan presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dan Menkopolhukam Djoko Suyanto.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Semua gitar dikerjakan di workshopnya di Jl Baruna No.5 Guwang, Sukawati, Gianyar, Bali. Kisaran harganya mulai dari U$ 2000 hingga U$ 6500.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Dalam sebulan ia bisa memproduksi kurang lebih 20 hingga 30 gitar pesanan ataupun stock untuk diekspor. Kini pekerjanya sudah mencapai 45 orang yang berasal dari desa setempat. Hingga kini Gitar pak Tuges yang diberi label Blueberry itu sudah masuk hingga ke Amerika dan Eropa.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Gitar pesanan SBY itu bermotifkan ukiran kerbau dan berlatar warna merah putih. Sedangkan di bagian hand gripnya bertuliskan SBY dengan warna biru. Rencananya, gitar pesanan SBY itu akan selesai sebelum tanggal 9 September, karena akan diberikan bertepatan dengan ulang tahun SBY.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Berikut salah satu proses pembuatan gitar Blueberry yang kini sudah mendunia. Beberapa musisi lokal asal Indonesia seperti Balawan dan Dewa Budjana juga memakai gitar kebanggan hasil karya anak bangsa, Blueberry.

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Dari segi kualitas suara dan penampilan juga tak kalah menarik dengan gitar produksi luar negeri. Pak Tuges bersama salah satu gitar master piece-nya yang menjadi cikal bakal lahirnya gitar ukir karyanya. {foto.detik.com}