9 Wisata Pantai Buatan Manusia

Tidak semua tempat memiliki keindahan pantai untuk berjemur atau bermain air. Namun, hal ini justru mengundang kreativitas, dengan membuat pantai buatan yang unik. Simak ulasannya berikut ini:

1. Palm Islands dan The World, Dubai

Palm dan The World di Dubai merupakan pantai buatan manusia terbesar di dunia. Pantai dan pulau ini dibuat dengan menimbun berton-ton pasir dari dasar Teluk Persia. Kini salah satu dari pantai dan pulau tersebut dimiliki oleh David Beckham.

Di salah satu pulau di Palm Islands ini, Beckham membangun rumah mewah senilai USD1,6 juta. Selain Beckham, ada pula pemain bola lainnya yang juga memiliki properti di Palm Islands, seperti Michael Owen, Wayne Bridge, Ashley Cole, Joe Cole, Kieron Dyer and David James.

2. Paris Plage, Paris

Anda mungkin menyangka tiba di sebuah oase ketika melihat pasir keemasan di tepi Sungai Seine. Paris Plage adalah sebuah pantai buatan yang lengkap dengan lusinan pohon palem, kolam sepanjang 28 meter, dan pasir pantainya. Sejak 2002, pantai buatan ini muncul setiap musim panas untuk memenuhi hasrat penduduk Paris akan kehidupan pantai.

Pantai ini dibuat dengan 2.000 ton pasir, 200 kursi pantai, 40 pohon palem, lima kafe, dua area piknik, lapangan voli, dan sebuah dinding panjat tebing buatan. Lebih dari dua juta wisatawan mengunjungi pantai buatan ini setiap musim panas.

3. Seagaia Ocean Dome, Jepang

Pantai indoor terbesar di dunia ini dibuka pada 1993 sebagai bagian dari Sheraton Seagaia Resor. Pantai buatan ini memiliki panjang 300 meter dan lebar 100 meter. The Ocean Dome selain memiliki pantai buatan juga dilengkapi gunung berapi buatan yang mengeluarkan lahar serta langit-langit yang bisa menampilkan cuaca cerah dan hujan. Temperatur di dalam Ocean Dome selalu dijaga pada 30 derajat celcius.

4. South Bank Parklands, Australia

South Bank Parklands merupakan taman bermain yang memiliki hutan, pantai, dan sungai buatan yang terletak di Brisbane, Australia. Meskipun memiliki beragam wahana, yang paling terkenal di taman bermain ini adalah pantai buatannya.

Pantai ini dibuat menggunakan 4.000 meter kubik pasir, dan menutupi area seluas 2.000 meter persegi. Hampir seluruh area pantai ini merupakan bekas area reklamasi dari Sungai Brisbane. Air pantai ini merupakan air bersih yang mengandung klorin dan selalu diganti setiap enam jam sekali.

5. San Alfonso Del Mar, Chili

San Alfonso Del Mar merupakan sebuah resor berlokasi di Algarrobo, Chili, yang memiliki pantai buatan. Pantai ini memiliki panjang 1.000 meter dan airnya langsung dipompa dari Samudra Pasifik sehingga benar-benar terasa seperti berada di pantai sungguhan.

6. Pantai buatan Male, Maladewa

Maladewa merupakan negara kepulauan dengan pantai-pantai indah, namun hal ini tidak menghentikan masyarakat ibu kotanya, Male, untuk membuat pantai buatan. Pantai buatan ini dibuat khusus bagi warga Male yang tidak ingin berbaur dengan wisatawan dan ingin menikmati pantainya sendiri. Pantai ini juga kerap menjadi tempat berlangsungnya festival, karnaval, dan parade lokal.

7. Sun City, Afrika Selatan

Sun City adalah lokasi kasino dan resor mewah, terletak di Provinsi North West, Afrika Selatan. Tempat ini terletak sekira dua jam perjalanan dari Johannesburg, dekat kota Rustenburg. Kota ini menyediakan pantai buatan dimana para wisatawan dapat menikmati ombak seperti di pantai sungguhan.

8. Simon Bolivar Park, Bogota

Simon Bolivar Park merupakan sebuah lahan hijau, tempat hiburan, serta arena olahraga yang terletak di pusat kota Bogota, Colombia. Taman ini memiliki berbagai macam area olahraga, sebuah museum, dua taman bermain, dan pantai buatan lengkap dengan pasirnya.

9. Copencabana, Copenhagen

Bahkan di tengah Kota Copenhagen, Anda bisa menikmati nuansa pantai. Copencabana merupakan sebuah pantai buatan, lengkap dengan pohon palem dan tema Maroko yang unik. Pantai ini menyediakan kuliner khas Afrika utara juga sofa panjang tempat wisatawan bisa berjemur.